Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN NINIK MAMAK DALAM MEMPERTAHANKAN TRADISI LUBUK LARANGAN DI DESA TELUK PAMAN TIMUR KECEMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR

Mila Fiana, - (2024) PERAN NINIK MAMAK DALAM MEMPERTAHANKAN TRADISI LUBUK LARANGAN DI DESA TELUK PAMAN TIMUR KECEMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB V)
File Hasil Penelitian ( Bab V dan atau Bab VI).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab V dan atau Bab VI).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Mila Fiana Nim : 12040125691 Judul : Peran Ninik Mamak Dalam Mempertahankan Tradisi Lubuk larangan Di Desa Teluk Paman Timur Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi dari budaya lokal masyarakat Desa Teluk Paman Timur Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Budaya ini disebut juga dengan tradisi lubuk larangan. Tradisi lubuk larangan merupakan sebagian wilayah perairan baik sungai ataupun danau dan genangan air yang menjadi kawasan konservasi yang dikelola oleh masyarakat Desa. Adapun nilai-nilai yang ada dalam tradisi ini akan terus bertahan jika didukung oleh Ninik mamak. Ninik mamak sebagai ujung tombak pelaksana dari setiap kegiatan masyarakat. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui bagaimana Peran ninik mamak dalam mempertahankan tradisi lubuk larangan ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini berada di Sungai Subayang Desa Teluk Paman Timur Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 5 informan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ninik mamak desa Teluk Paman Timur berperan dalam menegakkan hukum adat dengan mewariskan tradisi lubuk larangan dengan memberikan pengetahuan terkait tradisi lubuk larangan, kemudian berperan sebagai membuat aturan mengenai tradisi lubuk larangan kemudan berperan dalam mengatur dan mengawasi tradisi lubuk larangan. Ninik mamak berperan dalam pengendalian sosial dengan menggerakkan masyarakat untuk terlibat langsung dalam setiap kegiatan yang dilakukan dalam pengelolaan tradisi lubuk larangan. Dan juga ninik mamak berperan sebagai membina dan mengendalikan sikap masyarakat sesuai dengan ketentuan adat dan tentang tradisi lubuk larangan dengan memberikan keyakinan tradisi lubuk larangan sehingga masyarakat mau menjaga, melindungi dan mempertahankan tradisi lubuk larangan adalah dengan adanya kesadaran bahwa tradisi lubuk larangan adalah peninggalan dari nenek moyang yang masih ada sampai saat sekarang yang wajib dipertahankan. Kata kunci : Peran Ninik Mamak, tradisi lubuk larangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYEFNI, -1014097002yefni.fdik@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:22
Last Modified: 18 Jul 2024 07:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82746

Actions (login required)

View Item View Item