Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DALAM MENETAPKAN HARGA JUAL PADA CV. MM UNDANGAN PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH

Fadli Ferdian, Fadli (2024) ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DALAM MENETAPKAN HARGA JUAL PADA CV. MM UNDANGAN PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)

Abstract

Percetakan CV. MM Undangan merupakan salah satu perusahaan yang masih melakukan kesalahan dalam perhitungan harga pokok produksi yang masih menggunakan metode yang sederhana, sehingga harga jual yang ditawarkan tidak memiliki landasan yang akurat dan keuntungan yang didapatkan oleh produsen kurang maksimal. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui perhitungan harga pokok produksi pada perusahaan CV. MM Undangan Pekanbaru. penelitian ini peneliti menggunakan pendeketan kualitatif dengan jenis penelitian case study research (studi kasus) dan bersifat deskriptif. Lokasi dalam penelitian ini adalah di CV. MM Undangan yang terletak dijalan KH. Ahmad Dahlan Kelurahan Sukajadi Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diambil dengan melakukan wawancara secara langsung dengan pemilik dan karyawan yang bekerja pada CV. MM Undangan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari laporan keuangan yang dimiliki oleh CV MM Undangan. Hasil perhitungan harga pokok produksi undangan dan yasin yang dihitung di perusahaan adalah Rp 704 dan Rp 3.584. Harga jual yang didapatkan berdasarkan laba yang diharapkan sebesar 40% yaitu Rp. 984 dan Rp. 5.017. Namun perusahaan dan pembeli menetapkan harga sebesar Rp. 1.000 untuk undangan dan Rp. 5.000 atas kesepakatan tawar menawar. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan bahwa CV. MM Undangan telah menggunakan metode yang sesuai dengan ekonomi Syariah dimana perusahaan menetapkan prinsip jujur, terbuka dan adil..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyamsurizal,, -2016128001syamsurizal@uin-suska.ac.id
Thesis advisorsyamsurizal@uin-suska.ac.id, -2001017102muhammad.nurwahid@uin-suska.ac.id
UNSPECIFIED-UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Harga Jual, Percetakan
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 20 Jul 2024 04:08
Last Modified: 20 Jul 2024 04:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82735

Actions (login required)

View Item View Item