Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI KERJASAMA BAGI HASIL PERTANIAN KELAPA ANTARA PEMILIK LAHAN DAN PENGGARAP DI DESA MADANI KECAMATAN RETEH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARI’AH

Reni Anggraini, Reni (2024) IMPLEMENTASI KERJASAMA BAGI HASIL PERTANIAN KELAPA ANTARA PEMILIK LAHAN DAN PENGGARAP DI DESA MADANI KECAMATAN RETEH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARI’AH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sistem kerjasama bagi hasil pertanian antara pemilik lahan dan penggarap di Desa Madani Kecamatan Reteh Kabupaten Indragiri Hilir, Dimana bagi hasil dilakukan sesuai tradisi setempat yang nisbah bagi hasil pertaniannya adalah 70% untuk pemilik lahan dan 30 % untuk penggarap. Namun dalam pelaksanaan kerjasama masih ditemukan tindakan penyimpangan yang dilakukan oleh petani penggarap yang menyebabkan pemilik lahan merasa dirugikan. Adapun rumusan masalaha dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan kerjasama bagi hasil pertanian di Desa Madani Kecamatan Reteh Kabupaten Indragiri Hilir dan bagaimana tinjauannya jika dilihat dari perspektif ekonomi islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang sifatnya induktif. Data yang diperoleh berasal dari data primer dan sekunder . Dimana yang menjadi sampel dalam penelitian adalah masyarakat pemilik lahan perkebunan kelapa beserta penggarapnya yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan berdasarkan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akad yang dijalankan masyarakat bila ditinjau menurut ekonomi islam merupakan jenis akad musaqah, dimana pemilik lahan menyerahkan lahan perkebunan kelapanya kepada penggarap untuk digarap dan dikelola supaya dapat memberi keuntungan kepada kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRozi Andrini, -2002059401roziandriani@uin-suska.ac.id
Thesis advisorAfdhol Rinaldi, -9910000795afdolrinaldi@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 20 Jul 2024 02:44
Last Modified: 20 Jul 2024 02:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82732

Actions (login required)

View Item View Item