Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS STRATEGI PENGHIMPUNAN DANA ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH MELALUI TAKMIR MASJID RAYA AR-RAHMAN DI KELURAHAN SAYURMATINGGI LINGKUNGAN I DAN II KABUPATEN TAPANULI SELATAN SUMATERA UTARA

Rahmat Kurniawan Lubis, Rahmat (2024) ANALISIS STRATEGI PENGHIMPUNAN DANA ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH MELALUI TAKMIR MASJID RAYA AR-RAHMAN DI KELURAHAN SAYURMATINGGI LINGKUNGAN I DAN II KABUPATEN TAPANULI SELATAN SUMATERA UTARA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak adanya lembaga khusus yang beroperasi di bidang pengelolaan dana zakat, infak, dan sedekah di kelurahan Sayurmatinggi lingkungan I dan II, tetapi hanya dikelola oleh Takmir Masjid saja. Hal ini membuat penulis tertarik untuk meneliti apa saja strategi yang dilakukan oleh Takmir Masjid Raya Ar-Rahman dalam menghimpun dana zakat, infak, dan sedekah. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, dengan tujuan untuk mengetahui apa saja strategi yang dilakukan Takmir Masjid Raya Ar-Rahman dalam mengumpulkan dana zakat, infak, dan sedekah serta mengetahui apa saja faktor penghambat yang dialami. Hasil dari penelitian adalah bahwa teknik penghimpunan dana yang dilakukan oleh Takmir Masjid Raya Ar-Rahman lebih menekankan kepada teknik penghimpunan dana secara langsung, yaitu dengan cara memberi himbauan kepada masyarakat kelurahan Sayurmatinggi lingkungan I dan II melalui pengajian-pengajian, khutbah jum’at, dan acara-acara keagamaan, juga menitipkan kotak-kotak amal di kedai-kedai dan toko-toko yang ada di kelurahan Sayurmatinggi dan sekitarnya. Strategi lain yang dilakukan Takmir Masjid adalah merangkul anak-anak daerah yang merantau ketika pulang ke kampung halaman, ada juga dengan cara membuat acara yang bertajuk membayar nazar setelah selesai panen raya dengan tujuan memberi makan anak yatim sekaligus memberikan santunan kepada mereka. Faktor penghambat yang ditemukan adalah tidak adanya sistem kelembagaan khusus dalam pengelolaan dana zakat, infak, dan sedekah dan tidak adanya gedung khusus yang bisa dipakai sebagai tempat operasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyamsurizal, -2016128001syamsurizal@uin-suska.ac.id
Thesis advisorMuhammad Nurwahid, -2001017102muhammad.nurwahid@uin-suska.ac.id
Uncontrolled Keywords: strategi, penghimpunan dana zakat, infak, sededah, Takmir Masjid
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 20 Jul 2024 03:12
Last Modified: 20 Jul 2024 03:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82731

Actions (login required)

View Item View Item