MESSY SILVIANA, - (2024) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA BERBASIS ESSAY QUESTION DENGAN IN DEPTH INTERVIEW. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECULAI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
MESSY SILVIANA (2024) : ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA BERBASIS ESSAY QUESTION DENGAN IN DEPTH INTERVIEW Rendahnya pemahaman siswa mengenai konsep kesetimbangan kimia membuat siswa banyak mengalami miskonsepsi. Kesetimbangan kimia merupakan salah satu materi kimia yang memuat banyak konsep, berjenjang, dan terstruktur sehingga dianggap sulit dan sering mengalami miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa pada materi kesetimbangan kimia dan mengetahui persentasenya. Jenis penelitian yang digunakan berupa mixed methods dengan tipe explanatory sequential design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Tahfiz SMA IT Fadhilah Pekanbaru sebanyak 30 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa essay question. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, uji realibilitas, uji daya beda, uji tingkat kesukaran dan identifikasi miskonsepsi. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase siswa yang mengalami miskonsepsi sebanyak 17% dari jumlah sampel. Miskonsepsi terendah teridentifikasi pada indikator (10) menentukan arah pergeseran kesetimbangan yang dipengaruhi oleh suhu sebesar 3.33%. Sedangkan miskonsepsi tertinggi teridentifikasi pada indikator (8) menentukan arah pergeseran kesetimbangan yang dipengaruhi oleh konsentrasi dengan persentase sebesar 46.67%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa telah terjadi miskonsepsi pada sampel penelitian dengan persentase miskonsepsi yang termasuk dalam kategori rendah. Kata kunci : Miskonsepsi, Essay Question, Kesetimbangan Kimia
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2024 08:51 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2024 08:51 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82720 |
Actions (login required)
View Item |