Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HADIS LARANGAN TERTAWA BERLEBIHAN DAN IMPLIKASI PENYAKIT HATI TERHADAP KESEHATAN

AHMAD MAULANA YUSUF, - (2024) HADIS LARANGAN TERTAWA BERLEBIHAN DAN IMPLIKASI PENYAKIT HATI TERHADAP KESEHATAN. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV ANALISA DATA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Hadis Larangan Tertawa Berlebihan dan Implikasi Penyakit Hati Terhadap Kesehatan” Salah satu larangan nabi Muhammad SAW didalam hadis adalah aktifitas tertawa secara berlebihan, dalam berbagai kasus dalam ilmu kesehatan terdapat banyak mudharat Ketika tertawa secara berlebihan. Hal ini sangat jarang diamalkan oleh mayoritas muslim, dan bahkan dianggap sebagai hal yang sanagat sepele. Padahal setiap perintah ataupun larangan dari Nabi memiliki dampak yang baik bagi kehidupan sehari-hari. Permasalahan menimbulkan beberapa rumusan masalah yaitu: Bagaimana status dan pemahaman hadis larangan tertawa berlebihan dan Bagaimana implikasi kesehatan terhadap hadis larangan tertawa berlebihan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kepustakaan (Library Research) dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penulis mencari dan mengumpulkan data dengan melakukan takhrij hadis dengan mengumpulkan informasi berdasarkan lafadz hadis, kemudian dilakukan penelitian pada kitab-kitab hadis, kitab jarh wa ta’dil dan kitab serta buku-buku yang mendukung untuk dalam penelitian ini seperti kitab syarh hadis, kitab fiqih, jurnal, artikel ilmiah dan lainnya. Hasil penelitian: (1) Hadis tentang larangan tertawa berlebihan dalam jalur periwayatan Imam At-Tirmidzi berstatus Hasan Li Ghairihi, dikarenakan terdapat mutaba`ah sebagai penguat pada jalur Riwayat lain, pemahaman hadis yaitu: Rasulullah SAW mengajarkan pentingnya menjaga batas haram Allah, menjadi hamba terbaik, dengan cara menghindari terlalu banyak tertawa karna dapat mematikan hati. (2) meskipun tertawa sering dianggap sebagai ekspresi kebahagiaan, penting untuk menyadari potensi dampak negatifnya pada kesehatan tubuh manusia jika dilakukan secara berlebihan seperti sinkope, cataplexy, hernia. Kata Kunci: Kesehatan; Hadis; Tertawa; Berlebihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZAILANI,, -2027047201,zailani@uin-suska.ac.id
Thesis advisorSUJA'I SARIFANDI, -2003057001suja'i.sarifandi.@uin-suska.ac.id / asyuja@gmail.com
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.125 Hadits
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 20 Jul 2024 02:05
Last Modified: 20 Jul 2024 02:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82713

Actions (login required)

View Item View Item