SITI RAHMAH, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN E-MODUL SSI TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI LAPISAN BUMI DAN BENCAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (993kB) |
||
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.0.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan E-Modul SSI terintegrasi nilai keislaman untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa pada materi lapisan bumi dan bencana.Penelitian dilakukan dengan menggunakan quası eksperimen dengandesain non equevalent control group design. Objek penelitian yaitu siswa kelas VII dengan sampel sebanyak dua kelas sejumlah 46 orang siswa yang dipilih dengan metode random sampling class. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuanE-Modul SSI terintegrasi nilai keislaman pada materi lapisan bumi dan bencana. Data test dianalisis menggunakan uji t test. Hasil uji statistik dengan bantuan SPSS versi 16 menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada keterampilan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan e-modul berbasis SSI terintegrasi nilai keislaman dan siswa yang memperoleh pembebelajaran dengan model konvensional pada materi lapisan bumi dan bencana di kelas VII MTs. Hasil uji regresi pada variabel independent dan dependent menunjukkan nilai signifikan 0,016<0,05 dan 0,000<0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara model pembelajaran problem based learning berbantuan e-modul SSI terintegrasi nilai keislaman dengan kedua variabel yaitu keterampilan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa. Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), E-Modul SSI, Keterampilan Pemecahan Masalah, Kemandirian Belajar Siswa, Lapisan Bumi dan Bencana
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 20 Jul 2024 03:56 | ||||||||
Last Modified: | 20 Jul 2024 03:56 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82703 |
Actions (login required)
View Item |