FAHKROH ZULFI MAISYAROH, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN E-MODUL SSI TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI LAPISAN BUMI DAN BENCANA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan E-Modul SSI terintegrasi nilai keislaman untuk meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah dan kemandirian belajar siswa pada materi lapisan bumi dan bencana. Penelitian dilakukan dengan menggunakan quasi eksperimen dengan pretest posttest control group design. Obyek penelitian yaitu siswa kelas VII dengan sampel sebanyak dua kelas sejumlah 48 orang siswa yang dipilih dengan metode simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan keterampilan argumentasi ilmiah dan kemandirian belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan E-Modul SSI terintegrasi nilai keislaman pada materi lapisan bumi dan bencana. Data test dianalisis menggunakan uji t test. Hasil uji statistik dengan bantuan SPSS versi 16 menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada keterampilan argumentasi ilmiah dan kemandirian belajar siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan e-modul berbasis SSI terintegrasi nilai keislaman dan siswa yang memperoleh pembebelajaran dengan model konvensional pada materi lapisan bumi dan bencana di kelas VII MTs. Hasil uji regresi pada variabel independen dan dependen menunjukkan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan 0,000 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara model pembelajaran problem based learning berbantuan e-modul SSI terintegrasi nilai keislaman dengan kedua variabel yaitu keterampilan argumentasi ilmiah dan kemandirian belajar siswa. Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), E-Modul SSI, Keterampilan Argumentasi Ilmiah, Kemandirian Belajar Siswa, Lapisan Bumi dan Bencana
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 20 Jul 2024 04:32 | ||||||||
Last Modified: | 20 Jul 2024 04:32 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82693 |
Actions (login required)
View Item |