Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH TRANSPARANSI LAPORAN KEUANGAN DAN RELIGIUSITAS MUZAKKI TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN MUZAKKI UNTUK MEMBAYAR ZAKAT PADA BAZNAS KOTA BUKITTINGGI

MARDIANA PUTRI, - (2024) PENGARUH TRANSPARANSI LAPORAN KEUANGAN DAN RELIGIUSITAS MUZAKKI TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN MUZAKKI UNTUK MEMBAYAR ZAKAT PADA BAZNAS KOTA BUKITTINGGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Mardiana Putri : Pengaruh Transparansi Laporan Keuangan dan Religiusiitas Muzakki Terhadap Tingkat Kepercayaan Muzakki Untuk Membayar Zakat Pada Badan Amil Zakat (BAZNAS) Kota Bukittinggi Penelitian ini dilakukan karena adanya kesenjangan antara realisasi penghimpunan zakat dengan potensi penerimaan zakat oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh transparansi dan religiusitas muzakki terhadap tingkat kepercayaan muzakki untuk membayar zakat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah 14,321 muzakki yang menyalurkan zakatnya pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang berada di Kota Bukittinggi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan menggunakan metode accidental sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik Pengumpulan penelitian ini dengan menggunakan kuesioner. Uji analisis data menggunakan metode regresi linier berganda yang pengolahannya dengan menggunakan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil statistik dalam penelitian ini menunjukan bahwa uji t pada variable tranparansi thitung > ttabel (2.383 > 1.66071) dengan sig < 0.05 (0.00 < 0.05) dan nilai t pada religiusitas thitung > ttabel (2.096 > 1.66071) dengan signifikansi < 0.05 (0.039 < 0.05) yang mana artinya bahwa secara parsial variabel transparansi dan religiusitas berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kepercayaan muzakki. Nilai simultan pada penelitian didapat fhitung > ftabel (11.967 > 2.70) dengan nilai signifikansi < 0.05 (0.000 < 0.05), yang artinya variabel transparansi dan religiusitas berpengaruh secara simultan terhadap tingkat kepercayaan muzakki. Didapat nilai koefesien determinasi sebesar 0.181 yang mana artinya sebesar 18.1% variabel transparansi dan religiusitas berpengaruh terhadap tingkat kepercayaaan muzakki sedangkan sisanya 81.8% dipengaruhi oleh variabel lain yang berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan muzakki. Kata Kunci : Transparansi Laporan Keuangan, Religiusitas, Tingkat Kepercayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMADONA KHAIRUNISA, -2018098602madonakhairunisa@uin-suska.ac.id
Thesis advisorMUSRIFAH, -2010079101musrifah@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 20 Jul 2024 05:30
Last Modified: 20 Jul 2024 05:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82691

Actions (login required)

View Item View Item