HARI WIJAYA, - (2024) PERAN DINAS PENDIDIKAN DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN SEKOLAH ANAK DISABILITAS BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN BENGKALIS NOMOR 10 TAHUN 2019 DI KECAMATAN BATHIN SOLAPAN KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (693kB) |
Abstract
Penulisan Skripsi ini di latar belakangi oleh Penyandang disabilitas digolongkan juga sebagai salah satu kelompok rentan. Kelompok rentan yakni kelompok yang paling sering menerima perlakuan diskriminasi dan hak-haknya sering tidak terpenuhi karena keterbatas fisik dan mentalnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dinas pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan sekolah anak disabilitas berdasarkan peraturan daerah kabupaten bengkalis nomor 10 tahun 2019 di kecamatan bathin solapan kabupaten bengkalis dan kendala-kendala yang dihadapi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis dalam menyediakan Penyelenggaraan Layanan Pendidikan bagi anak-anak Disabilitas. Penelitian ini berbentuk lapangan (Field Research) dengan menggunakan wawancara sebagai rujukkan primer. Sedangkan data skunder yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari hasil penelaahan kepustakaan atau penelaahan terhadap berbagai literatur atau bahan pustaka yang berkaitan dengan masalah atau materi penelitian mengenai peran dinas pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan bagi anak-anak penyandang disabilitas berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Bengkalis Nomor 10 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pendidikan terutama bagi anak-anak Penyandang Disabilitas. Hasil dalam penelitian ini adalah Peran Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif belum berjalan dengan optimal yang dapat dilihat dari program untuk pendidikan inklusif, mulai kurangnya penganggaran dana, sarana dan prasarana untuk pendidikan inklusif, penerimaan siswa di sekolah setiap Kecamatan, sistem pembelajaran anak berkebutuhan khusus serta guru pendamping yang kurang adanya pelatihan. Adapun faktor internal dan faktor eksternal yang menjadi kendala oleh oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis dalam menyediakan Penyelenggaraan Layanan yaitu faktor internal yaitu minimnya anggaran untuk pendidikan inklusif, kurangnya sumber daya manusia bagi pendidikan inklusif dan kurangnya sarana dan prasarana untuk pendidikan inklusif. Sedangkan faktor eksternal yaitu adanya persepsi masyarakat mengenai pendidikan inklusif, kurangnya pelatihan untuk guru pendidikan khusus yang belum berjalan dengan efektif, dan belum adanya pendataan mengenai anak berkebutuhan khusus disuatu daerah maupun disekolah inklusif. Kata Kunci : Peran Dinas Pendidikan Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Anak Disabilitas, Perda Kabupaten Bengkalis Nomor 10 tahun 2019
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum | ||||||||||||
Depositing User: | fasih - | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2024 04:46 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2024 04:46 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82673 |
Actions (login required)
View Item |