Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANCANGAN SISTEM KERJA UNTUK PERBAIKAN WAKTU PROSES PRODUKSI EGREK MENGGUNAKAN METODE SINGLE MINUTE EXCHANGE OF DIE (SMED) DAN MAYNARD OPERATION SEQUENCE TECHNIQUE (MOST)

HANUM ASHARI, - (2024) PERANCANGAN SISTEM KERJA UNTUK PERBAIKAN WAKTU PROSES PRODUKSI EGREK MENGGUNAKAN METODE SINGLE MINUTE EXCHANGE OF DIE (SMED) DAN MAYNARD OPERATION SEQUENCE TECHNIQUE (MOST). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB 4 DAN 5 (PEMBAHASAN))
Laporan TA Hanum Ashari (Bab 4&5).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Laporan TA Hanum Ashari (Tanpa bab 4&5).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Perancangan Sistem Kerja Untuk Perbaikan Waktu Proses Produksi Egrek Menggunakan Metode Single Minute Exchange Of Die (SMED) dan Maynard Operation Sequence Technique (MOST) HANUM ASHARI NIM : 12050223182 Jurusan Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru ABSTRAK Perkebunan sawit sangat membtuhkan berbagai alat perkakas pertanian yang dapat di produksi oleh pandai besi salah satunya adalah egrek sawit yang merupakan alat panen untuk memotong buah kelapa sawit yang panen diatas 10 tahun.daerah Riau hamper dipenuhi dengan kawasan industry baik salah satunya adalah IKM Rumbio Jaya pandai besi yang berkembang di daerah Riau Kabupaten Kampar yang memproduksi alat-alat perkakas pertanian seperti egrek sawit, dodos, kampak, parang, cangkul, dan banyak lainnya. Perusahaan manufaktur dituntut untuk dapat meningkatkan produktivitas proses produksinya secara berkelanjutan, salah satu contohnya pada IKM Rumbio Jaya adalah meminimalkan waktu proses setup yang cukup tinggi dan target jumlah produksi tidak dapat tercapai yang dipengaruhi oleh metode gerakan operator yang tidak sesuai standar. Metode penelitian yang digunakan untuk perbaikan waktu proses produksi egrek adalah SMED dan MOST. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan waktu setup dan merancang metode kerja yang efektif dan efisien. Setelah penerapan metode tersebut didapatkan waktu awal proses produksi egrek 1 di 13,85 menit menjasi 6,53 menit, egrek 2 di 11,21 menit menjadi 5,38 menit, dan egrek 3 di 15,25 menjadi 7 menit dengan persentase penurunannya adalah 15,8%,52%,dan 54%. Kata Kunci: SMED, MOST, Perancangan Sistem Kerja, Waktu setup

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNofirza, -2028117701nofirza@uin-suska.ac.id
UNSPECIFIEDMuhammad Ihsan Hamdy, -2030078601m.ihsanhamdy@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:13
Last Modified: 18 Jul 2024 08:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82668

Actions (login required)

View Item View Item