Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) DAN FAST-TEXT DALAM ANALISA SENTIMENT MASYARAKAT TERKAIT PENGGUNAAN APLIKASI MYPERTAMINA

Ichsan Saputra, - (2024) PENERAPAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) DAN FAST-TEXT DALAM ANALISA SENTIMENT MASYARAKAT TERKAIT PENGGUNAAN APLIKASI MYPERTAMINA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (BAB I, II, III, V)
BAB I, II, III, V ICHSAN SAPUTRA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV ICHSAN SAPUTRA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

MyPertamina adalah aplikasi yang diluncurkan dalam rangka program digitalisasi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Penggunaan MyPertamina dimaksudkan untuk memastikan proses penyaluran BBM subsidi benar-benar tepat sasaran. Namun, penggunaan aplikasi ini memiliki banyak pandangan atau sentiment terhadap masyarakat.Penggunaan media sosial juga telah menyebar luas dan sangat pesat dalam berbagai macam lapisan masyarakat. Tidak hanya sebagai media untuk bersosialisasi, dan berkomunikasi namun juga untuk menyampaikan aspirasi dan mempresentasikan tentang apa saja yang terjadi dan dirasakan masyarakat. Penelitian ini akan mengimplementasikan fitur fasttext dan metode Support Vector Machine (SVM) untuk menganalisis opini atau sentimen masyarakat yang terdapat pada aplikasi twitter terhadap penggunaan aplikasi MyPertamina. Dimana pada penelitian ini mneggunakan data pada range tahun 2022 hingga 2023 dengan 1976 data tweet. Adapun hasil penelitian yang dilakukan adalah pengujian pada penelitian ini menggunakan metode confusion matrix yang menghasilkan model yang telah dirancang mendapatkan hasil akurasi masing-masing komposisi data training dan data testing 80:20 yaitu sekitar 98.2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorELIN HAERANI, -2023058101elin.haerani@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 20 Jul 2024 03:39
Last Modified: 20 Jul 2024 03:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82666

Actions (login required)

View Item View Item