Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN PPKn DI KELAS IV SDN 011 KOTO TUO KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

MEGA SAFITRI, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN PPKn DI KELAS IV SDN 011 KOTO TUO KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK ix Mega Safitri, (2024): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa pada Muatan Pelajaran PPKn di Kelas IV SD Negeri 011 Koto Tuo Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan percaya diri siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips pada muatan pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas IV SDN 011 Koto Tuo, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian adalah 1 orang guru dan 20 siswa terdiri dari 12 laki-laki dan 8 perempuan. Objek penelitian ini adalah Model Pembelajaran kooperatif tipe talking chips dan percaya diri siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, tiap siklus dilaksakan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran talking chips dapat meningkatkan percaya diri siswa. Hal ini diketahui sebelum tindakan percaya diri siswa diperoleh dengan persentase 38,25% atau berada pada kategori kurang baik. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh percaya diri siswa dengan persentase 57,25% berada kategori cukup baik. Pada siklus II diperoleh percaya diri siswa meningkat dengan persentase 89,25% berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe takling chips dapat meningkatkan percaya diri siswa pada muatan pelajaran PPKn di Kelas IV SD Negeri 011 Koto Tuo Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Talking Chips, Percaya Diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSYAFI’AH2012086401syafiah@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jul 2024 02:55
Last Modified: 20 Jul 2024 02:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82601

Actions (login required)

View Item View Item