Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENELUSURI TRADISI RITUAL PEMBACAAN YASIN 41 KALI DI DESA HUTATONGA KECAMATAN PANYABUNGAN BARAT KABUPATEN MANDAILING NATAL (Studi Living Qur’an)

ASRIL ALI SAHBANA, - (2024) MENELUSURI TRADISI RITUAL PEMBACAAN YASIN 41 KALI DI DESA HUTATONGA KECAMATAN PANYABUNGAN BARAT KABUPATEN MANDAILING NATAL (Studi Living Qur’an). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNGAN TANPA BAB IV HASIL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN ASRIL ALI SAHBANA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Menelusuri Tradisi Ritual Pembacaan Yasin 41 Kali di Desa Hutatonga Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal.” Pembacaan Yasin 41 Kali di desa Hutatonga yang di selenggarakan ketika memiliki hajat atau sedang menghadapai sesuatu yang genting, baik itu hajat pribadi maupun hajat bersama. tujuan penelitian ini adalah untuk melndelskripsikan telntang prosels pellaksanaan tradisi pembacaan Yasin 41 di Delsa Hutatonga Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal. Dan untuk Melndelskripsikan telntang pelmahaman masyarakat Desa hutatonga terhadap pembacaan surat Yasin 41 kali. Metode tafsir yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research), Pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian Living Qur’an ini adalah pendekatan fenomenologi. Setelah dilakukan analisis, penulis menemukan bahwa pelaksanaan pembacaan tradisi pembacaan Yasin 41kali dilaksanakan hanya jamaah laki-laki. Hasil penelitian ini adalah pemahaman masyarakat desa Hutatonga pada tradisi pembacaan surah Yasin 41 kali ini adalah tradisi pembacaan surah Yasin sebanyak 41 kali ini dapat memberikan pengaruh dalam menjalankan rutinitas keseharian masyarakat, sehingga tradisi ini akan tetap ada. Kemudian bagi beberapa masyarakat secara signifikan akan memberikan pengaruh terhadap kepribadian mereka yang akan istiqamah meminta kepada Allah secara serius dan mereka tidak mempunyai pemahaman menyimpang dari ajaran agama. Kata Kunci: Tradisi, Yasin 41, dan Living Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFIKRI MAHMUD2001016802fikri.mahmud@uin-suska.ac.id
Thesis advisorSUKIYAT2010107001sukiyat@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.122 Al-Qur'an
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:21
Last Modified: 19 Jul 2024 08:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82592

Actions (login required)

View Item View Item