SAFIRA TAZKIYAH, - (2024) PENGARUH TERAPI ZIKIR MELALUI KONSELING KELOMPOK DALAM MENURUNKAN KECENDERUNGAN SELF INJURY REMAJA. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.
Text
BAB IV FIRA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
THESIS FIRA- SELAIN BAB IV.pdf - Published Version Download (9MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Remaja merupakan kelompok yang berisiko tinggi melakukan self injury dan bahkan lebih tinggi kemungkinannya daripada kelompok dewasa. Untuk mengarahkan peserta didik agar dapat menurunkan perilaku kecenderungan self injury maka salah satu upayanya dengan melakukan konseling kelompok menggunakan terapi zikir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terapi zikir melalui konseling kelompok dapat menurunkan kecenderungan self injury Remaja di SMP Negeri 9 Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan true eksperimen, sampel penelitian sebanyak 16 siswa kelas 8 yang dibagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Analisis data yang digunakan yaitu Paired sample t-Test, hasil uji tersebut diperoleh nilai rata-rata sebelum diberikan terapi zikir adalah 75,00, sedangkan sesudah diberikan terapi zikir nilai rata-rata lebih kecil dari nilai rata-rata sebelum perlakuan yakni menjadi 56,87. Selanjutnya diketahui nilai probabilitas (signifikansi) 2-tailed adalah 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak. Hasil analisis menunjukkan bahwa adanya pengaruh terapi zikir melalui konseling kelompok dalam menurunkan kecenderungan self injury pada kelompok eksperimen, sebelum diberikan terapi (pretest) dengan setelah diberikan terapi (posttest). Kata Kunci: Kecenderungan Self Injury, Konseling Kelompok, Terapi Zikir
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi-S2 | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2024 02:26 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Aug 2024 02:26 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82579 |
Actions (login required)
View Item |