Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN SWADAYA BERDASARKAN PERATURAN MENTERI PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT NOMOR 07 TAHUN 2018 DI DESA BANGKUDU KABUPATEN PADANG LAWAS PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH

Anisa Agustina Harahap, Anisa (2024) PELAKSANAAN BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN SWADAYA BERDASARKAN PERATURAN MENTERI PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT NOMOR 07 TAHUN 2018 DI DESA BANGKUDU KABUPATEN PADANG LAWAS PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)

Abstract

Dalam penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kebijakan pemerintah yakni Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 07 Tahun 2018 tentang pelaksanaan bantuan stimulan perumahan swadaya yang berisi mengenai pelaksanaan perogram yang diberikan kepada penduduk berpenghasilan rendah. Adapun pokok permasalah penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan Peraturan Menteri Nomor 07 Tahun 2018 tentang pedoman bantuan stimulan perumahan swadaya di Desa Bangkudu Kabupaten Padang Lawas, apa saja faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan bantuan stimulan perumahan swadaya di Desa Bangkudu Kabupaten Padang Lawas dan bagaimana pandangan fiqih siyasah terhadap pelaksanaan bantuan stimulan perumahan swadaya di Desa Bangkudu Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), adapun informan pada penelitian ini berjumlah 12 orang dan seluruh informan dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan analisis data kualitatif dengan menggunakan metode berfikir deduktif dan yang terakhir teknik penulisan menggunakan teknik deduktif, induktif dan deskriptif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya di Desa Bangkudu dengan menyediakan bantuan stimulan perumahan swadaya untuk masyarakat Desa Bangkudu sebagai upaya untuk membangun rumah yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Namun pada kenyataannya peraturan tersebut belum optimal terlaksana karena ada beberapa rumah yang masih terbengkalai bangunannya. Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan program bantuan ini adalah faktor sumber daya, disposisi dan adanya keikutsertaan pemerintahan desa dalam progam tersebut. Sedangkan faktor penghambatnya adalah dana yang disalurkan tidak sesuai dan kuangnya pengawasan dari dinas. Bagaimana padangan fiqih siyasah apakah telah sesuai dengan Fiqih Siyasah Tanfidziyah, dimana pemerintah telah melaksanakan peraturan yang telah dibuatnya untuk kepentingan masyarakat, hanya saja karena adanya permasalahan dalam anggaran sehingga program belum terlaksana secara optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyafrinaldi,, -2023098101-
UNSPECIFIEDZuraidah,, -2013087101-
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya, Siyasah Tanfidziyah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:39
Last Modified: 19 Jul 2024 07:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82525

Actions (login required)

View Item View Item