NENY RAHMAWATI, - (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA(LKS) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADAMATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP/MTS UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI NENY RAHMAWATI.pdf Download (39MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (663kB) |
Abstract
ABSTRAK Pengembangan Lembar Kerja Siswa(LKS) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Statistika Kelas VIII SMP/MTs Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis discovery learning pada materi statistika kelas VIII SMP/MTs untuk memfasilitasi kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan tingkat validitas minimal valid, tingkat praktikalitas minimal praktis, dan tingkat efektivitas minimal efektif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 30 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis discovery learning pada materi statistika kelas VIII SMP/MTs untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi, teknik angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) LKS berbasis discovery learning dinyatakan memiliki validitas tinggi pada uji validitas dengan rata- rata kevalidan 0,86; (2) LKS berbasis discovery learning dinyatakan sangat praktis dengan presentase keidealan 96,13%; dan (3) Analisis Efektifitas pada LKS berbasis Discovery Learning diperoleh dari data penilaian hasil belajar. Analisis ini menggunakan uji Mann Whitney U dengan hasil ������� = 10,36 dan ������ = 1,96 maka diperoleh �ℎ����� > ������ yang berarti �� ditolak dan �� diterima. Sehingga terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dan LKS berbasis discovery learning dinyatakan efektif. Berdasarkan pemaparan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis Discovery Learning pada materi statistika untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa telah memenenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa(LKS), Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Statistika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2024 04:13 | ||||||||
Last Modified: | 19 Jul 2024 04:13 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82514 |
Actions (login required)
View Item |