Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SDN 007 SIBIRUANG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU

Miftahul Luqyana, Miftahul (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SDN 007 SIBIRUANG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerjasama siswa pada muatan Pelajaran IPA melalui model pembelajaran team assisted individualization untuk meningkatkan kerjasama siswa pada muatan pelajaran IPA di kelas V SDN 007 Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kerjasama siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 25 orang siswa kelas V SDN 007 Sibiruang. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran team assisted individualization dan kerjasama siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran team assisted individualization dapat meningkatkan kerjasama siswa. Hal ini dapat diketahui dari persentase kerjasama siswa sebelum tindakan yaitu 59,20% dengan kategori kurang baik. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I kerjasama siswa meningkat menjadi 72,2% dengan kategori kurang baik dan pada siklus II kerjasama siswa meningkat menjadi 86,6% dengan baik. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran team assisted individualization pada muatan Pelajaran IPA dapat meningkatkan kerjasama siswa di kelas V SDN 007 Sibiruang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSYAFI'AH,, -2012086410-
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Team Assisted Individualization, Kerjasama Siswa
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Jul 2024 04:30
Last Modified: 19 Jul 2024 04:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82511

Actions (login required)

View Item View Item