Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUNGAI TOHOR

NIA SAPIRA, - (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUNGAI TOHOR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Stunting termasuk masalah gizi kronik yang disebabkan oleh banyak faktor seperti kondisi sosial ekonomi, gizi ibu saat hamil, kesakitan pada bayi, dan kurangnya asupan gizi pada bayi. Selain itu, seorang ibu yang memiliki pengetahuan yang kurang akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan balita. Pengetahuan tersebut akan memengaruhi sikap ibu sehingga memengaruhi tumbuh kembang anak. Dampak stunting dapat meningkatkan ketimpangan, mengurangi pendapatan seumur hidup 10%, dan menyebabkan kemiskinan antar generasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap ibu dengan kejadian stunting pada balita di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Tohor. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Februari tahun 2024. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional study dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive samping. Responden dalam penelitian ini berjumlah 78 orang yang merupakan ibu memiliki balita usia 0-59 bulan. Hasil penelitian menunjukkan ibu yang memiliki pengetahuan kurang sebesar 35,9%, ibu memiliki sikap kurang sebesar 21,8%, dan sebesar 29,5% balita mengalami stunting. Hasil uji chi-square menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu dengan kejadian stunting pada balita di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Tohor (p<0,05). Kesimpulan terdapat hubungan pengetahuan dan sikap ibu dengan kejadian stunting pada balita di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Tohor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNUR PELITA SEMBIRING, -2018096903,nurpelitasembiring@ymail.com
Thesis advisorYANTI ERNALIA, -1015068504,yantiernalia@yahoo.com
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 612 Fisiologi Manusia, Ilmu Faal, Anatomi dan Fisiologi Manusia > 612.3 Nutrisi, Ilmu Gizi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Gizi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:27
Last Modified: 19 Jul 2024 03:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82497

Actions (login required)

View Item View Item