Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA KOMIK ONLINE BERBASIS WEBTOON TERHADAP PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Masrul, Hakim (2024) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA KOMIK ONLINE BERBASIS WEBTOON TERHADAP PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Masrul Hakim_Disertasi Tanpa Bab IV - Revisi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Masrul Hakim_Disertasi Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pemanfaatan media komik online berbasis Webtoon terhadap profil pelajar Pancasila di SMP Negeri Kabupaten Kuantan Singingi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan mengumpulkan data melalui angket terhadap siswa SMP yang menggunakan komik webtoon dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pelajar Pancasila di SMP Negeri Kabupaten Kuantan Singingi mencerminkan tingkat keberhasilan yang sangat baik, dengan rata-rata keberhasilan sebesar 90,26%. Penggunaan komik online berbasis webtoon dalam pembelajaran PAI juga menunjukkan hasil yang positif, dengan rata-rata keberhasilan sebesar 88,38%. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa pemanfaatan komik online berbasis webtoon memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai Pancasila, meningkatkan minat dan partisipasi siswa dalam pembelajaran, serta menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa. Dalam kesimpulannya, penelitian ini mendukung kontribusi positif penggunaan media komik online berbasis webtoon dalam pengembangan profil pelajar Pancasila di SMP Negeri Kabupaten Kuantan Singingi.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorASMAL MAY, -2010105201asmal.may@uin-suska.ac.id
Thesis advisorZAMSISWAYA, -2021017002zamsiswaya@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 18 Jul 2024 04:54
Last Modified: 18 Jul 2024 04:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82477

Actions (login required)

View Item View Item