Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA SMA

SHINTIA OKTACAHYANI, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA SMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File Lengkap Sampai Lampiran.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (Bab IV)
Bab IV Hasil Penelitian.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (798kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari self confidence siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen factorial design. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes, angket, dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan berpikir kritis matematis, angket self confidence, dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dan pembelajaran konvensional, 2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang memiliki self confidence yang tinggi, sedang dan rendah, 3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan self confidence terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari self confidence siswa SMA Negeri 2 Tambang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRena Revita, -2014019201rena.revita@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:58
Last Modified: 23 Jul 2024 02:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82456

Actions (login required)

View Item View Item