Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS WACANA BERMEDIASI KOMPUTER PADA JUDUL BERITA PEMILIHAN PRESIDEN DI APLIKASI CNN INDONESIA SEBAGAI PENGUATAN MATERI TEKS INFORMASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

ALYA RAHMADANI, - (2024) ANALISIS WACANA BERMEDIASI KOMPUTER PADA JUDUL BERITA PEMILIHAN PRESIDEN DI APLIKASI CNN INDONESIA SEBAGAI PENGUATAN MATERI TEKS INFORMASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)

Abstract

ALYA RAHMADANI (2024) : ANALISIS WACANA BERMEDIASI KOMPUTER PADA JUDUL BERITA PEMILIHAN PRESIDEN DI APLIKASI CNN INDONESIA SEBAGAI PENGUATAN MATERI TEKS INFORMASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana wacana pemilihan presiden direpresentasikan dalam aplikasi berita CNN Indonesia. Metode yang digunakan adalah analisis wacana kritis, dengan fokus pada pengungkapan ideologi, kekuasaan, dan kepentingan yang terkandung dalam teks berita terkait pemilihan presiden dan teoriSusan C Herring. Sumber data penelitian berupa teks berita pada aplikasi CNN Indonesia yang relevan dengan topik pemilihan presiden, data berupa bentuk-bentuk bahasa bedasarkan teori wacana Susan C Herring yang mengandung struktur,arti,interaksi dan perilaku sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wacana pemilihan presiden yang direpresentasikan dalam aplikasi CNN Indonesia tidak sekedar menyampaikan informasi faktual, tetapi mengandung muatan ideologi, kekuasaan, dan kepentingan tertentu. Bentuk wacana berupa struktur yaitu tipografi,arti yaitu makna kata, ujaran, interaksi yaitu belokan, dan perilaku sosial yaitu konflik. Dimensi wacanayang ditemukan struktur berupa efisiensi, ekspresif, arti berupa apa yang dimaksud penutur,interaksi berupa interaktifitas,dan perilaku sosial berupa kekuasaan. Temuan ini dapat dimanfaatkansebagai penguatan materi dan relevan dalam pembelajaran teks informasi di SMA. Bentuk penguatan materi berupa tambahan materi teks informasi, ciri-ciri teks informasi bedasarkan wacanainformasi diaplikasi CNN Indonesia. Kata kunci: wacana bermediasi komputer, pemilihan presiden, teks informasi, CNN Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAfdhal Kusumanegara2003098902Afdhalkusumanegara3@gmail.com
Subjects: 400 Bahasa
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:36
Last Modified: 19 Jul 2024 03:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82442

Actions (login required)

View Item View Item