HARIS MUNANDAR, - (2024) KOMUNIKASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Analisis Tafsir Al-Munir Karya Wahbah Az-Zuhaili). Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
DISERTASI HARIS MUNANDAR.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Haris Munandar (2024) : Komunikasi Pendidikan Multikultural Perspektif Al-Qur’an (Analisis Tafsir Al- Munir Karya Wahbah Az- Zuhaili) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi pendidikan multikultural dalam al-Qur‟an. Penelitian ini adalah penelitian kepustakan (library research). Teknik analisis data menggunakan content analisys. Hasil penelitian ini dapat ditemukan ayat-ayat tentang komunikasi pendidikan multikultural dalam kitab tafsir Al-Munir. Hal ini ditunjukkan dengan hasil yang terdapat pada ayat Al-Qur‟an tentang pendidikan multikultural, antara lain: QS. Al-Hujraat ayat 13, QS. Ar-Ruum ayat 22, QS. Yunus ayat 99 dan QS. Al-Mumtahanah ayat 8. Terminologi komunikasi yang ditemukan menggunakan istilah: qaulan ma’rufan, qaulan balighan, qaulan layyinan, qaulan maisuran, qaulan sadidan, dan qaulan kariman. Sedangkan multikultural dalam Al-Qur‟an menggunakan istilah: Syu’uban (keberagaman suku), Qaba’ila (keberagaman bangsa), Lisanan (keberagaman bahasa) dan lawnan (warna kulit), dan Addin (agama). Internalisasi komunikasi pendidikan multikultural dapat dilakukan dengan cara: pertama, pendekatan kontekstual. Kedua, pengembangan keterampilan komunikasi lintas multikultural. Ketiga, dialog dan diskusi. Kata Kunci: Komunikasi, Pendidikan Multikultural, Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Disertasi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2024 07:21 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Jul 2024 07:22 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82411 |
Actions (login required)
View Item |