Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 161 PEKANBARU

ROBIAH ‘ADAWIYAH, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 161 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB I-BAB V.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerjasama siswa pada muatan Pelajaran IPAS melalui penerapan model pembelajaran circuit learning kelas V SDN 161 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 24 orang siswa kelas V SDN 161 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran circuit learning dan meningkatkan kerjasama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik penelitian analisis data yaitu analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa peneraan model pembelajaran circuit learning dapat meningkatkan kerjasama siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan diperoleh nilai kerjasama siswa mencapai 50,62% dengan kategori kurang baik. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I kerjasama siswa meningkat menjadi 56% dengan kategori cukup baik. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kerjasama siswa meningkat menjadi 83% dengan kategori sangat baik. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran circuit learning pada muatan Pelajaran IPAS dapat meningkatkan kerjasama siswa di kelas V SDN 161 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSYAFI'AH2012086401Syafiahsaid@gmail.com
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:10
Last Modified: 19 Jul 2024 03:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82410

Actions (login required)

View Item View Item