Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV MI DARUSSALAM KUALU NENAS KABUPATEN KAMPAR

Nisma Nova Dayanti (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV MI DARUSSALAM KUALU NENAS KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012867.pdf

Download (491kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilatar belakangi oleh siswa memiliki nilai hasil belajar yang rendah, hal ini dapat dilihat dari siswa yang telah mencapai KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 65 hanya 7 orang atau sebesar 53%, sedangkan sisanya yaitu sebanyak 5 orang siswa atau sebesar 47% belum mencapai KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran word square dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IV MI Darussalam Kualu Nenas Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan Siswa Kelas IV MI Darussalam Kualu Nenas Kabupaten Kampar, dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang. Objek dalam penelitian ini adalah Strategi Pembelajaran word square untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas IV MI Darussalam Kualu Nenas Kabupaten Kampar. Kesimpulan penelitian ini adalah: Hasil belajar siswa sebelum tindakan dengan nilai rata-rata sebesar 55 dan siswa yang tuntas hanyak 4 orang siswa dengan persentase sebesar 33%, kemudian pada siklus I nilai rata-rata sebesar 76.7 dan siswa yang tuntas hanyak 10 orang siswa dengan persentase sebesar 83%. Pada siklus II nilai rata-rata sebesar 90 dan siswa yang tuntas hanyak 11 orang siswa dengan persentase sebesar 92%. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 sebesar 42% dengan kategori kurang, pada pertemuan 2 sebesar 54% dengan kategori “kurang” dan siklus II pertemuan 1 sebesar 71% dengan kategori baik sekali dan pertemuan 2 sebesar 83% dengan kategori “Baik” berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 sebesar 52% dengan kategori cukup, pada pertemuan 2 sebesar 67% dengan kategori “Cukup”, siklus II pertemuan 1 sebesar 75% dengan kategori baik dan pada pertemuan 2 sebesar 83% dengan kategori “Baik sekali”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Oct 2016 07:51
Last Modified: 11 Oct 2016 07:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8239

Actions (login required)

View Item View Item