PENERAPAN METODE CERAMAH DALAM MEMAHAMI PELAJARAN KETENAGAKERJAAN DI KELAS VIII MTs HASANAH PEKANBARU

Emiwati, (2012) PENERAPAN METODE CERAMAH DALAM MEMAHAMI PELAJARAN KETENAGAKERJAAN DI KELAS VIII MTs HASANAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012849.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode ceramah mengenai ketenagakerjaan dapat memperdalam pengetahuan siswa di kelas VIII MTS Hasanah Pekanbaru. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII MTs Hasanah Pekanbaru yang berjumlah 30 orang. Sedangkan yang menjadi objeknya adalah penerapan metode ceramah untuk memperdalam pengetahuan mengenai ketenagakerjaan. Pada MTs Hasanah Pekanbaru di dalam belajar ekonomi khususnya mengenai materi ketenagakerjaan ditemukan keragaman masalah yaitu kurang aktifnya sebagian siswa sewaktu kegiatan belajar mengajar berlangsung. Hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala sebagai berikut: banyak siswa yang tidak dapat menjawab pertanyaan dari guru, tingkat pengetahuan dan penguasaan siswa masih rendah, serta siswa kurang semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui tes hasil belajar dan observasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Caranya adalah apabila semua data telah terkumpul, lalu diklasifikasikan menjadi dua kelompok yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Terhadap data yang bersifat kualitatif yaitu yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka penulis dapat mengambil kesimpulan yaitu: penerapan metode ceramah dapat meningkatkan dan memperdalam pengetahuan pada materi ketenagakerjaan siswa kelas VIII di MTs Hasanah Pekanbaru. Hal ini dapat diketahui dari persentase yang diperoleh sebelum diadakan tindakan yaitu hanya terdapat 19 orang siswa atau sebesar 63,33% yang mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 26 orang siswa atau sebesar 86,67% yang memperoleh nilai sama atau lebih besar dari 65 (nilai Kriteria Ketuntasan Minimal). Selanjutnya hasil belajar siswa kelas VIII MTs Hasanah Pekanbaru setelah siklus II juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu terdapat sebanyak 28 orang atau sebesar 93,33% yang tuntas atau mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Oct 2016 07:46
Last Modified: 11 Oct 2016 07:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8238

Actions (login required)

View Item View Item