Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF EFFICACY

DEA MURDIANINGSIH, - (2024) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF EFFICACY. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
BAB 1-5 DEA.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text (BAB 4)
BAB 4 DEA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penerapan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemodelan matematika ditinjau dari self efficacy. Penerapan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) mampu meningkatkan kemampuan pemodelan matematika, sehingga rendahnya kemampuan pemodelan matematika siswa dapat teratasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu design factorial eksperiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 12 Pekanbaru tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas IX 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX 6 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, angket dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemodelan matematika, lembar angket self efficacy serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemodelan matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemodelan matematika antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang, dan rendah. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan self efficacy terhadap kemampuan pemodelan matematika. Dengan demikian secara umum dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berpengaruh terhadap kemampuan pemodelan matematika ditinjau dari self efficacy di SMP Negeri 12 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGRANITA, -2018057204-
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jul 2024 15:04
Last Modified: 20 Jul 2024 15:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82376

Actions (login required)

View Item View Item