KEMAMPUAN SISWA MENGANALISIS JURNAL UMUM DAN MEMINDAHKAN KE BUKU BESAR DI KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMA PLUS BINABANGSA PEKANBARU

Maylisa Perdani Putri, (2012) KEMAMPUAN SISWA MENGANALISIS JURNAL UMUM DAN MEMINDAHKAN KE BUKU BESAR DI KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMA PLUS BINABANGSA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012846.pdf

Download (449kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menegah Atas Plus Binabangsa Pekanbaru bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa menganalisis Jurnal Umum dan memindahkan ke Buku Besar di kelas XI IPS pada mata pelajaran Akuntansi di SMA Plus Binabangsa Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 15 orang sedangkan guru mata pelajaran yang berjumlah 1 orang sebagai data pendukung; Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data tentang kemampuan siswa memahami dalam menganalisis jurnal umum dan memindahkan ke buku besar adalah melalui test sebagai data primer, dan wawancara sebagai data sekunder. Test dilakukan kepada siswa yang berjumlah 15 orang yang dilakukan sebanyak 3 kali test, testnya ada yang berupa objektif dan ada yang berupa essay. Sementara wawancara dilakukan kepada guru bidang studi sebagai data pendukung. Setelah itu data dianalisa dengan deskriptif kualitatif atau persentase untuk mengetahui kemampuan siswa memahami dalam menganalisis jurnal umum dan buku besar. Berdasarkan hasil analisa data penelitian ini dapat diketahui antara lain: pada test pertama yang berupa objektif dari 15 orang responden atau siswa 46.33% yang menjawab benar dan 53.66% menjawab salah hal inidapat dikatagorikan “cukup baik”, pada test kedua siswa yang dilakukan tentang kemampuan siswa menganalis jurnal umum dan memindahkan ke buku besar yang “ tidak dipengaruhi” neraca saldo dengan rata-rata siswa 51,9% dapat dikatagorikan “cukup mampu”, sedangkan pada test ketiga siswa soal essay yang “dipengaruhi neraca saldo dengan rata-rata 70.33% dapat dikatagorikan “baik”. Jadi dari hasil ketiga Test yang peneliti lakukan di SMA Plus Binabangsa tarhadap Kemampuan Siswa Menganalisis Jurnal Umum dan Memindahkan Ke Buku Besar dapat disimpulkan bahwa dengan adanya rata-rata siswa 56.63% dapat dikatagorikan “Cukup Baik”. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa adalah Pertama kesulitan siswa pada jurnal umum, kedua kesulitan siswa pada buku besar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Oct 2016 07:45
Last Modified: 11 Oct 2016 07:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8237

Actions (login required)

View Item View Item