Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATERI KALOR DI SMP NEGERI 2 XIII KOTO KAMPAR

ISMI HIDAYATI, - (2024) ANALISIS KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATERI KALOR DI SMP NEGERI 2 XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP TANPA BAB IV HASIL ISMI HIDAYATI.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN ISMI HIDAYATI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menilai kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 XIII Koto Kampar pada materi kalor. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan 15 peserta didik kelas VII. Instrumen penelitian terdiri dari 15 item soal yang berfokus pada penjelasan kemampuan argumentasi digunakan. Analisis kemampuan argumentasi pada penelitian ini didasarkan pada model Toulmin. Temuan mengungkapkan bahwa, selama fase penulisan klaim, skor rata-rata peserta didik 80,44 dari 100, menunjukkan tingkat kemahiran yang tinggi. Demikian pula pada tahap penulisan data, skor rata-rata 87,26 dari 100, juga dikategorikan tinggi. Namun, penulisan warrant diperoleh skor rata-rata 58,07 dari 100, termasuk dalam kategori kemahiran rendah. Tahap penulisan backing menghasilkan skor rata-rata 68,89 dari 100, yang dikategorikan sedang. Wawancara menunjukkan penyebab rendahnya kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik pada tahap penulisan warrant ini adalah karena peserta didik masih kurang dalam pemberian dukungan argumentasi dan merasa argumen yang mereka berikan sudah cukup lengkap. Kesimpulannya, sementara kemampuan argumentasi peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 XIII Koto Kampar tampak memuaskan dalam penulisan klaim dan data, ada kekurangan yang signifikan dalam penulisan backing dan warrant.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUHAMMAD ILHAM SYARIF, -2026089401mdilhamsf@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jul 2024 07:44
Last Modified: 21 Jul 2024 07:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82358

Actions (login required)

View Item View Item