Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjua dari Self-confidence.

Reisya Humaira, - (2024) Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjua dari Self-confidence. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Reisya Humaira (2024) : Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjua dari Self-confidence. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa berdasarkan prosedur Newman dalam menyelesaikan soal cerita berbasis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self-confidence. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan subjek menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelas XII MIPA 3 SMA Negeri 2 Pekanbaru yang berjumlah 3 orang. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket self-confidence, dan pedoman wawancara. Keseluruhan data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) anak didik dengan self-confidence tinggi, sedang, dan rendah mengalami kesalahan pada prosedur Newman dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis yang mana anak didik tidak melakukan kesalahan membaca (reading error), melakukan kesalahan memahami (comprehension error), melakukan kesalahan transformasi (transformation error), melakukan kesalahan proses (process skill error), melakukan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding error). (2) anak didik dengan self-confidence tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang tinggi, sementara anak didik dengan self-confidence sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang rendah, dan self-confidence rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang sedang. Kata kunci : Analisis Kesalahan, Prosedur Newman, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMAYU SYAHWELA, -2019059101mayu.syahwela@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jul 2024 07:34
Last Modified: 21 Jul 2024 07:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82352

Actions (login required)

View Item View Item