HUBUNGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU

Ardianti, (2012) HUBUNGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012843.pdf

Download (759kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kompetensi sosial guru dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan IPS, sedangkan objeknya adalah hubungan kompetensi sosial guru dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Darul Hikmah pekanbaru yang berjumlah 42 siswa, karena populasinya tidak mencapai 100 maka penulis tidak mengambil sampel. Teknik pengumpulan data untuk mengetahui hubungan kompetensi sosial guru dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, yaitu dengan menggunakan angket tertutup dan untuk mendapatkan data yang berhubungan dengan sekolah, yaitu dengan menggunakan dokumentasi, untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan kompetensi sosial guru dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi data dianalisis menggunakan teknik korelasi koefisien kontingensi. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa kompetensi sosial guru tergolong kategori “tinggi”, secara kuantitatif persentase diperoleh 72,47% dan Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru tergolong kategori “tinggi” yakni sebesar 68,53%. Sedangkan hubungan antara kompetensi sosial guru dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru memberikan kontribusi sebesar 0,484 lebih besar dari nilai tabel “r” product moment pada taraf signifikan 5% dan 1% yaitu 0,304 < 0,484 > 0,393, ini berarti, H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Oct 2016 06:47
Last Modified: 11 Oct 2016 06:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8235

Actions (login required)

View Item View Item