Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PANGKALAN KURAS KABUPATEN PELALAWAN

YULIANA ADISTI, - (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PANGKALAN KURAS KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YULIANA ADISTI.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Yuliana Adisti (2024): Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh media pembelajaran kahoot terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 1 Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar IPS diantaranya kurangnya bervariasi dalam menggunakan media pembelajaran, lingkungan belajar yang kurang kondusif dan kurangnya penghargaan dalam belajar sehingga mengakibatkan siswa menjadi bosan saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen. Penelitian nonequivalent control grub design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VIII berjumlah 312 siswa, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII E (kelas eksperimen) dan VIII F (kelas kontrol) yang berjumlah 60 orang dengan penarikan sampel menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan Angket/quisoner, observasi dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Effect Size dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa media pembelajran kahoot terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VIII SMPN terdap pengaruh yang signifikan hal ini dapat diketahui nilai 0,26 maka Modest Effect dari uji Effect Size ini menyatakan adanya pengaruh dari Media pembelajaran Kahoot terhadap motivasi belajar siswa. Uji t memperoleh hasil ttabel dengan df=58 dan taraf signifikansi 5% maka diperoleh nilai ttabel sebesar 2,01. Nilai signifikansi 0,000 < α0,05 terdapat perbedaan yang signifikan sehingga, diperoleh hasil perhitungan thitung > ttabel atau 7,880 > 2,01 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima maka dapat ditarik kesimpulan adanya pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran kahoot terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa. Kata Kunci: Media Pembelajaran Kahoot, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorARAMUDIN, -2014057003aramudin@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:36
Last Modified: 18 Jul 2024 03:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82305

Actions (login required)

View Item View Item