KONTRIBUSI PEMANFAATAN REFERENSI PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU

Lastri, (2012) KONTRIBUSI PEMANFAATAN REFERENSI PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012631.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Pemanfatan Referensi Perpustakaan (variabel bebas/independent atau variabel x) dan Hasil Belajar Siswa (variabel terikat/dependent atau variabel y ). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada kontribusi antara pemanfaatan referensi perpustakaan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru, Sedangkan objeknya adalah kontribusi pemanfaatan referensi perpustakaan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 376 orang siswa, karena banyaknya jumlah populasi maka penulis mengambil sampel 10% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 79 orang siswa, Pengumpulan data diambil melalui observasi, angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi yang kedua variabelnya bersifat interval dan interval, maka data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier, dan penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS (statistica Program Society Science) versi 16.0 for windows. Berdasarkan penyajian dan analisis data, penulis mendapat kesimpulan akhir bahwa ada kontribusi antara pemanfaatan referensi perpustakaan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru, dengan kontribusi Pemanfaatan referensi perpustakaan terhadap hasil belajar siswa adalah 0,813 X 100% = 81,3% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Dimana ro(observasi) = 0,813 lebih besar dari rt (tabel). Pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,217 < 0,813 > 0,283, ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Oct 2016 05:49
Last Modified: 11 Oct 2016 05:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8229

Actions (login required)

View Item View Item