MEFINDRA ADE WARDANI, - (2024) STUDI NETNOGRAFI TERHADAP USER GENERATED CONTENT @VMULIANA PADA PLATFORM SOSIAL MEDIA TIKTOK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
SKRIPSI FULL.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nama : Mefindra Ade Wardani Jurusan : Ilmu Komunikasi : Studi Netnografi Terhadap User Generated Content @vmuliana Pada Platform Sosial Media TikTok. Penelitian ini dilatarbelakangi viralnya pemilik akun @vmuliana pada platform sosial media tiktok yang memberikan tips menjawan wawancara kerja, membantu membuat CV, dan memberikan informasi seputar dunia kerja dan karir, sehingga banyak di antara pengguna terus mencari vina muliana untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan, sehingga secara tidaklangsung membentuk pola budaya dan interaksi di dalam percakapan komunitas, pada konten yang dihasilkannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis interaksi dan perilaku pengguna serta pola komunikasi yang muncul di sekitar konten yang dihasilkan oleh akun @vmuliana di TikTok. Dalam era digital yang terus berkembang, media sosial menjadi platform penting untuk memahami dinamika sosial dan budaya masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah netnografi. Data dikumpulkan melalui scraping data dan pendokumentasian, serta pengamatan partisipatif dan analisis mendalam terhadap komentar pada postingan akun @vmuliana. Proses ini melibatkan scraping data untuk mendapatkan konten pengguna yang relevan dan kemudian diolah untuk menemukan pola-pola tersembunyi di dalamnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa user generated content dari @vmuliana tidak hanya mencerminkan preferensi dan perilaku individu, tetapi juga membentuk dan dipengaruhi oleh norma dan nilai komunitas online yang lebih luas. Temuan ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana pengguna TikTok berinteraksi dengan konten dan satu sama lain, serta bagaimana identitas dan komunitas terbentuk dalam platform tersebut. Kata kunci: netnografi, user-generated content, TikTok.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||||
Depositing User: | fdk - | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2024 06:46 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2024 06:47 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82271 |
Actions (login required)
View Item |