Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

“ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI UNTUK PENENTUAN HARGA JUAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING” (Studi Kasus Pada UMKM Pabrik Tahu Fany Super A.B)

Nindya Syahrial, - (2024) “ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI UNTUK PENENTUAN HARGA JUAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING” (Studi Kasus Pada UMKM Pabrik Tahu Fany Super A.B). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perhitungan Harga Pokok Produksi (HPP) merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam menentukan harga jual suatu produk. Perhitungan HPP yang tepat dan akurat merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan, karena tanpa adanya perhitungan HPP yang tepat dan akurat, perusahaan yang bersangkutan akan mengalami masalah dalam penentuan harga jual suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penentuan harga jual UMKM pabrik tahu Fany Super AB dengan penentuan harga jual menurut metode full costing. data yang digunakan untuk penelitian ini bersumber dari pabriknya secara langsung pada bulan oktober 2022. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menjelaskan permasalahan secara terperinci dengan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penelitian ini menggunakan metode full costing untuk menentukan harga pokok produksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode full costing lebih besar dari perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode yang sederhana. Harga pokok produksi dengan menggunakan metode sederhana sebesar Rp.718,33,-, sedangkan harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing sebesar Rp. 726,14,-. Selisih antara kedua metode tersebut adalah sebesar Rp. 7,81,-. Jadi perhitungan harga pokok produksi berdasarkan metode full costing lebih tepat dan akurat karena metode ini memperhitungkan seluruh biaya yang dikeluarkan untuk proses produksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorARAS AIRA, -2010098701aras_aira@rocketmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:43
Last Modified: 18 Jul 2024 07:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82253

Actions (login required)

View Item View Item