KORELASI KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH NURUL HIDAYAH KECAMATAN TEMPULING KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Huzai Faturrahman, (2012) KORELASI KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH NURUL HIDAYAH KECAMATAN TEMPULING KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012573.pdf

Download (602kB) | Preview

Abstract

Kesenjangan yang terlihat pada keterampilan mengajar guru dengan aktivitas belajar siswa di Madrasah Aliyah Nurul Hidayah Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir menjadi latar belakang penelitian ini dilaksanakan. Dalam penelitian ini, permasalahan yang peneliti kaji terbatas pada korelasi keterampilan mengajar guru dengan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Nurul Hidayah Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi korelasi keterampilan mengajar guru dengan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Nurul Hidayah Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah ada korelasi yang signifikan antara keterampilan mengajar guru dengan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Nurul Hidayah Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir. Subjek dalam penelitian ini adalah satu guru ekonomi dan 51 siswa kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Hidayah Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka kesimpulan dalam penelitian ini yaitu ada korelasi yang signifikan antara keterampilan mengajar guru dengan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Nurul Hidayah Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir dengan diperolehnya rxy = 0,497 lebih besar dari rt= 0,273 pada taraf signifikan 5%, dan rt= 0,354 pada taraf signifikan 1%. Dengan demikian Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Oct 2016 05:43
Last Modified: 11 Oct 2016 05:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8225

Actions (login required)

View Item View Item