ARFY MASYHURI, - (2024) PENGARUH NANO LEARNING BERBASIS STEM TERHADAP MISKONSEPSI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GETARAN, BUNYI DAN GELOMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (25MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (655kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran nano learning berbasis STEM terhadap miskonsepsi siswa pada pelajaran IPA materi getaran, bunyi dan gelombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian adalah VIII.B sebagai kelas eksperimen menggunakan metode nano learning berbasis STEM dan VIII.C sebagai kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes miskonsepsi dan lembar observasi. Tes miskonsepsi menggunakan jenis four tier test dengan pengolahan data hasil tes dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-Test berbantuan SPSS 22 dan Lembar observasi menggunakan analisis deskriptif. Diperoleh hasil penelitian uji T-Test dengan hasil Sig. (2-tailed) < Sig. 0.05 (0.000 < 0.05) maka dapat dikatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena itu disimpulkan terdapat pengaruh signifikan metode nano learning berbasis STEM terhadap miskonsepsi siswa pada pelajaran IPA materi getaran, bunyi dan gelombang. Kata Kunci: Nano Learning, STEM, Miskonsepsi, Getaran, Bunyi, dan Gelombang
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2024 07:36 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2024 07:36 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82249 |
Actions (login required)
View Item |