Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Peran Home Industry Kerupuk Jengkol Dalam Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Di Desa Alahan Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu

Luthfiatul Hasanah, - (2024) Peran Home Industry Kerupuk Jengkol Dalam Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Di Desa Alahan Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB V)
File Hasil Penelitian ( Bab V dan atau Bab VI).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab V dan atau Bab VI).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Luthfiatul Hasanah NIM : 12040121550 Judul : Peran Home Industry Kerupuk Jengkol Dalam Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Di Desa Alahan Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini dilakukan kerena lemahnya ekonomi keluarga memunculkan partisipasi ibu rumah tangga dalam meningkatkan pendapatan keluarga dengan cara mencari penghasilan tambahan. Hadirnya home industry bagi ibu rumah tangga mampu menopang ekonomi. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti peran home industry dalam pemberdayaan ibu rumah tangga. Fokus penelitian pada skripsi ini ialah peran home industry kerupuk jengkol dalam pemberdayaan ibu rumah tangga di Desa Alahan Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu yang terdiri dari 5 home industry. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jumlah informan 7 orang. 2 orang sebagai informan kunci dan 5 orang sebagai informan pendukung. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori Suryana melalui 3 indikator yaitu: penyerapan tenaga kerja, memanfaatkan bahan baku lokal, dan menumbuhkan usaha baru. Home industry kerupuk jengkol mampu menyerap tenaga kerja dan membantu mengurangi angka pengangguran dengan mempekerjakan ibu rumah tangga yang tidak memiliki pendidikan tinggi, tanpa memandang latar belakang pendidikan atau status janda. Bahan baku Home industry yaitu jengkol. Bahan baku ini mudah didapatkan. Home industry kerupuk jengkol ini dapat menumbuhkan usaha baru bagi Pemilik dan Karyawan kerupuk jengkol, meningkatkan pendapatan dan memanfaatkan pendapatannya untuk membuka usaha baru. Seperti penambahan asset, dan menjalankan usaha sampingan seperti Online shop, menjual pulsa dan menjual kue basah. Kata Kunci: Peran, Home Industry, Pemberdayaan, Ibu Rumah Tangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRosmita, -202904720rosmita.johan@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 18 Jul 2024 04:13
Last Modified: 18 Jul 2024 04:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82247

Actions (login required)

View Item View Item