PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR MENGADAKAN VARIASI TERHADAP MINAT BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 02 TAPUNG HILIR KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR

Pirdawati, (2012) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR MENGADAKAN VARIASI TERHADAP MINAT BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 02 TAPUNG HILIR KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012572.pdf

Download (526kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar mengadakan variasi terhadap minat belajar ekonomi siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Tapung Hilir. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Tapung Hilir dan Guru ekonomi kelas X. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh keterampilan mengajar mengadakan variasi terhadap minat belajar ekonomi siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tapung Hilir. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Tapung Hilir yang berjumlah 65 orang dan guru ekonomi. Karena jumalah populasinya kurang dari 100, maka penulis tidak mengambil sampel. Pengumpulan data diambil melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu variabel X bersifat ordinal (keterampilan mengajar mengadakan variasi) dan variabel Y(minat belajar) bersifat ordinal yang kemudian diubah menjadi data interval , maka penulis menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS for windows versi 16.00. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa keterampilan mengajar mengadakan variasi berkategori “baik” dengan persentase 66%, dan minat belajar siswa berkategori “baik” dengan nilai rata-rata76.74%. Sedangkan pengaruh keterampilan mengajar mengadakan variasi terhadap minat belajar ekonomi siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tapung Hilir, dengan besar pengaruh 61,4% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Dimana ro (observasi/R Square) 0,614, dengan df = 63, lebih besar dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0.232<0.614>0.302, ini berarti Ha diterima, Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Oct 2016 05:40
Last Modified: 11 Oct 2016 05:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8224

Actions (login required)

View Item View Item