EFEKTIFITAS PEMBERIAN ULANGAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BATANG CENAKU DI KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Emi Hidayati, (2012) EFEKTIFITAS PEMBERIAN ULANGAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BATANG CENAKU DI KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012571.pdf

Download (488kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu efektifitas pemberian ulangan ( variabel bebas/ independen atau variabel X) dn motivasi belajar siswa ( variabel dependen/ terikat atau variabel Y). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Efektifitas Pemberian Ulangan Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas ( SMA) 1 Batang Cenaku Di Kabupaten Indragiri Hulu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Cenaku di Kabupaten Indragiri Hulu dan guru ekonomi kelas X. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Efektifitas Pemberian Ulangan Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Batang Cenaku Di Kabupaten Indragiri Hulu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 150 orang siswa, karena banyaknya jumlah populasi maka penulis mengambil sampel 10% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 68 orang siswa. Pengumpulan data diambil melalui agket. Data yang terkumpul sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu variabel X bersifat data ordinal dan variabel Y bersifat data ordinal yang kemudian diubah menjadi data interval, maka penulis menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS ( statistica program society science) versi 16.0 for windows. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa efektifitas pemberian ulangan dikategorikan “Baik” dengan persentase 76,84% dan motivasi belajar siswa dikategorikan “Baik” dengan persentase 65,37%. Sedangkan Efektifitas Pemberian Ulangan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Batang Cenaku Di Kabupaten Indragiri Hulu dengan besar efektifitas 50,4% dan selebihnya di pengaruhi oleh variabel lain. Dimana ro (observasi/ R Squer) 0,504%, dengan df = 66 lebih besar dari rt (tabel) pada tarif signifikan 5% maupun 1 % yaitu 0,504>0,232, ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Oct 2016 04:57
Last Modified: 11 Oct 2016 04:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8223

Actions (login required)

View Item View Item