Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

LARANGAN BERSENTUHAN DENGAN LAWAN JENIS YANG BUKAN MAHRAM DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP MASYARAKAT (PEMAHAMAN TEKSTUAL DAN KONTEKSTUAL HADITS)

JULKARNO YARMAN, - (2024) LARANGAN BERSENTUHAN DENGAN LAWAN JENIS YANG BUKAN MAHRAM DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP MASYARAKAT (PEMAHAMAN TEKSTUAL DAN KONTEKSTUAL HADITS). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Larangan Bersentuhan Dengan Lawan Jenis Yang Bukan Mahram dan Implementasinya Terhadap Masyarakat (Pemahaman Tekstual dan Kontekstual Hadits)”. Fenomena inilah yang banyak terjadi pada saat ini dan di anggap sepele oleh orang, padahal sangat dilarang oleh agama. Namun, bukan hanya itu saja. Fenomena lain yang berkaitan dengan bersentuhan adalah pacaran. Pacaran adalah hubungan dimana laki-laki dan perempuan yang bukan mahram secara romantic serta saling terikat satu sama lain. Dalam aktifitas pacaran, seseorang akan melakukan kontak fisik kepada lawan jenis yang bukan mahramnya serta berduaan (berkhalwat) dengannya. Artinya, apabila seseorang berduaan dia akan melakukan sentuhan yang membuat keduanya terjerumus kepada perbuatan maksiat. Dari permasalahan tersebut dirumuskan masalah yaitu: (1). Bagaimana pemahaman hadis tentang larangan bersentuhan dengan lawan jenis yang bukan mahram, (2). Bagaimana pengaruh larangan bersentuhan dengan lawan jenis yang bukan mahram terhadap masyarakat, dan (3). Bagaimana penerapan larangan bersentuhan dengan lawan jenis yang bukan mahram terhadap masyarakat. Metode penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dengan pendekatan hadis. Data yang diambil pada penelitian ini bersember dari Kitab al-Mu‟jam al-Kabir, kitab Tahzibul Kamal, Kitab Atraf dan Kitab al-„Ulum wa al-Hikam, serta buku-buku yang berkaitan dengan pembahasan. Data penelitian ini dikumpulkan dengan 1) Takhrij Hadis, 2) Mencantumkan hadis yang menjadi topic penelitian, 3) Dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, diketahui bahwa berdasarkan analisis dan pemahaman penulis dengan menggunakan standard an kriteria ke-shahih-an yang diakui. Pemahaman hadis tentang larangan bersentuhan dengan lawan jenis yang bukan mahram mengajarkan kita begitu pentingnya etika dan aturan di dalam agama sebab menjaga dapat membantu kita menghindari dari hal yang menimbulkan dosa. Pengaruh larangan bersentuhan dengan lawan jenis yang bukan mahram dan Implementasinya terhadap masyarakat yaitu: Pentingnya menjaga pergaulan di dalam Islam. Islam mengajarkan bahwa setiap Muslim harus selektif dan berhati-hati dalam memilih teman dan lingkungan pergaulan. Kata Kunci: Bersentuhan, Lawan Jenis, Mahram, Implementasi, Tekstual, dan Kontekstual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorM. Ridwan Hasbi, -201706700,ridwan.hasbi@uin-suska.ac.id
Thesis advisorUsman, -2026017001usman@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:54
Last Modified: 18 Jul 2024 07:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82227

Actions (login required)

View Item View Item