Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

REYNA TIKA PRATAMA, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI REYNA TIKA PRATAMA.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Reyna Tika Pratama (2024) : Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Sosio Scientific Issues (SSI) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan literasi sains siswa, hal ini telah dibuktikan menurut hasil pengukuran PISA (Program for International Student Assessment) yang menempatkan Indonesia sebagai salah satu negara dengan literasi sains yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) berbasis socio scientific issues (SSI) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2023/2024 di kelas XI MIA SMA Islam As-Shofa Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-posttest Non-Equivalent Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t untuk mengetahui pengaruh kemampuan literasi sains pada materi larutan penyangga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan literasi sains siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan perolehan rata-rata posttest kemampuan literasi sains kelas eksperimen sebesar 76,00 dan kelas kontrol sebesar 61,00, uji-t menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 kecil dari 0,05 sehingga keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning (PBL) berbasis socio scientific issues (SSI) berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa terbukti dari uji koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar (r2 ) = 0,319, maka dapat disimpulkan bahwa model problem based learning (PBL) berbasis socio scientific issues (SSI) berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi larutan penyangga sebesar 31,9%. Kata Kunci : Pengaruh, PBL, SSI, Literasi Sains, Larutan Penyangga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorLisa Utami,, -2026098301isa.utami@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jul 2024 04:19
Last Modified: 18 Jul 2024 04:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82220

Actions (login required)

View Item View Item