Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PEMBERIAN PUPUK KOMPOS LIMBAH KEMPAAN GAMBIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI JAGUNG MANIS (Zea mays L. convar saccharata)

NURFADHILLA HASANAH, - (2024) EFEKTIVITAS PEMBERIAN PUPUK KOMPOS LIMBAH KEMPAAN GAMBIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI JAGUNG MANIS (Zea mays L. convar saccharata). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS PEMBERIAN PUPUK KOMPOS LIMBAH KEMPAAN GAMBIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI JAGUNG MANIS (Zea mays L. convar saccharata) Nurfadhilla Hasanah (12080223195) Di bawah bimbingan Novita Hera dan Elfi Rahmadani INTISARI Jagung manis merupakan salah satu tanaman yang memiliki peran penting dalam sektor pertanian. Salah satu alternatif mengurangi penggunaan pupuk anorganik dalam budi daya tanaman jagung manis yaitu dengan penggunaan pupuk kompos limbah kempaan gambir. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penambahan pupuk kompos limbah kempaan gambir dalam mengurangi penggunaan pupuk anorganik pada pertumbuhan dan produksi tanaman jagung manis. Penelitian ini telah dilaksanakan di lahan pertanian UARDS Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini telah dilaksanakan selama 4 bulan dimulai dari bulan Januari 2024 sampai dengan bulan April 2024. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Kelompok satu faktor terdiri dari 4 perlakuan dan 3 ulangan. Parameter yang diamati terdiri atas tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah tongkol, panjang tongkol, diameter tongkol, berat per tongkol tanpa kelobot, dan berat tongkol tanpa kelobot per plot. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberian kompos limbah kempaan gambir berpengaruh nyata terhadap parameter jumlah tongkol. Perlakuan dosis 15 ton/ha telah mampu meningkatkan jumlah tongkol per tanaman, namun tidak berbeda nyata dengan perlakuan kontrol dan dosis 20 ton/ha. Kata Kunci : jagung manis, kompos, limbah kempaan gambir, NPK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNOVITA HERA, S.P., M.P, -2015118601novitahera86@yahoo.com
Thesis advisorDr. ELFI RAHMADANI, S.P., M.Si, -2011097701Elfirahmadani@yahoo.co.id
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
000 Karya Umum
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:44
Last Modified: 18 Jul 2024 03:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82196

Actions (login required)

View Item View Item