PENGARUH PEMAHAMAN MATERI LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DAGANG TERHADAP KEMAMPUAN MENGAPLIKASIKAN MYOB PADA SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU

Ade Kurniati, (2012) PENGARUH PEMAHAMAN MATERI LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DAGANG TERHADAP KEMAMPUAN MENGAPLIKASIKAN MYOB PADA SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012528.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pemahaman materi analisis transaksi(variabel bebas/independen atau variabel X) dan kemampuan mengaplikasikan MYOB (variable dependent/terikat atau variable Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pemahaman materi analisis transaksi terhadap kemampuan mengaplikasikan MYOB pada siswa kelas XI jurusan akuntansi di sekolah menengah kejuruan muhammadiyah 02 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMK Muhammadiyah 02 Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah pengaruh pemahaman materi analisis transaksi terhadap kemampuan mengaplikasikan MYOB. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI akuntansi yang berjumlah 72 siswa. Pengumpulan data diambil melalui angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat computer melalui program SPSS ( Statistical Product and Service Solutions ) versi 16.0 for windows. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh pemahaman materi laporan keuangan perusahaan dagang terhadap pengaplikasian MYOB pada mata pelajaran akuntansi kelas XI akuntansi di SMK Muhammadiyah 02 Pekanbaru, dengan kontribusi pemahaman materi laporan keuangan perusahaan dagang terhadap pengaplikasian MYOB adalah 0.230 X 100% = 23%. Dimana ro (observasi) = 0,479, lebih besar dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,232< 0,479> 0,302, ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak, berarti terdapat pengaruh pemahaman materi analisis transaksi terhadap kemampuan mengaplikasikan MYOB pada siswa kelas XI jurusan akuntansi di Sekolah menengah kejuruan Muhammadiyah 02 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Oct 2016 04:46
Last Modified: 11 Oct 2016 04:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8219

Actions (login required)

View Item View Item