NABILA HIBATULLAH, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SOCIAL COMPLEXITY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANGKINANG KOTA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Nabila Hibatullah,(2024): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Social Complexity terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara Penerapan model pembelajaran inkuiri Social Complexity dengan metode ceramah pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen Design dengan rancangan penelitian Non - equivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 419 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 55 siswa, terdiri dari 25 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tes "t" (independent- samples t test). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa antara Penerapan model pembelajaran inkuiri Social Complexity dengan metode ceramah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota dengan thitung > ttabel (8,857 > 2,006 ) sementara itu nilai sig 2- tailed 0,000 < 0,05 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci : Inkuiri Social Complexity, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2024 04:35 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2024 04:36 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82175 |
Actions (login required)
View Item |