Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SOCIAL COMPLEXITY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANGKINANG KOTA

NABILA HIBATULLAH, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SOCIAL COMPLEXITY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANGKINANG KOTA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nabila Hibatullah,(2024): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Social Complexity terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara Penerapan model pembelajaran inkuiri Social Complexity dengan metode ceramah pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen Design dengan rancangan penelitian Non - equivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 419 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 55 siswa, terdiri dari 25 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tes "t" (independent- samples t test). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa antara Penerapan model pembelajaran inkuiri Social Complexity dengan metode ceramah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota dengan thitung > ttabel (8,857 > 2,006 ) sementara itu nilai sig 2- tailed 0,000 < 0,05 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci : Inkuiri Social Complexity, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMIRAWATI2004047401mirawati.mgz@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jul 2024 04:35
Last Modified: 18 Jul 2024 04:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82175

Actions (login required)

View Item View Item