Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SINEMATOGRAFI BAGI MAHASISWA KONSENTRASI BROADCASTING PRODI ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2021 UIN SUSKA RIAU

AL GHIFARI PUTRA HERDANA, - (2024) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SINEMATOGRAFI BAGI MAHASISWA KONSENTRASI BROADCASTING PRODI ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2021 UIN SUSKA RIAU. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text
ghifari- bab v.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Skripsi Bissmillah ACC (Alghifari Putra Herdana).pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Al Ghifari Putra Herdana Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Pemanfaatan Media Sosial TikTok Sebagai Media Pembelajaran Sinematografi Bagi Mahasiswa Konsentrasi Broadcasting Prodi Ilmu Komunikasi Angkatan 2021 UIN Suska Riau Penelitian ini bertujuan untuk mendalami bagaimana media sosial TikTok digunakan sebagai alat pembelajaran sinematografi dan mengetahui dampaknya terhadap pengembangan keterampilan sinematografi mahasiswa konsentrasi Broadcasting di program studi Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau angkatan 2021. Pendekatan yang diterapkan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penemuan dari penelitian ini menggambarkan bahwa TikTok bukan hanya digunakan sebagai platform hiburan semata, melainkan juga sebagai alat yang efektif dalam proses pembelajaran sinematografi bagi mahasiswa Broadcasting program studi Ilmu Komunikasi angkatan 2021 UIN Suska Riau. Mereka menggunakan media sosial TikTok untuk mempelajari lebih dalam teknik-teknik dasar seperti tipe shot, pencahayaan, dan pengeditan. Mereka juga bisa aktif sebagai kreator konten dengan memanfaatkan berbagai fitur seperti filter visual, musik latar, dan pengeditan cepat. Penggunaan media sosial TikTok secara konsisten memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan keterampilan sinematografi mahasiswa. Mereka mampu mengaplikasikan pengetahuan yang didapatkan dari media sosial TikTok dalam proyek-proyek sinematografi mereka, yang pada akhirny mereka mampu meningkatkan kualitas visual dan naratif dari karya-karya mereka secara keseluruhan. Studi ini memiliki implikasi praktis yang relevan, terutama dalam hal pendidikan tinggi yang semakin mengadopsi kemajuan teknologi untuk meningkatkan pembelajaran visual. Media sosial TikTok, sebagai platform interaktif berbasis video pendek, tidak hanya mendorong pembelajaran mandiri dan kolaboratif, tetapi juga memperkaya kurikulum akademik dengan merespon perkembangan media sosial yang semakin pesat. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya memperdalam pemahaman tentang peran media sosial TikTok dalam hal pendidikan, tetapi juga membuka jalan bagi pengembangan lebih lanjut dalam integrasi media sosial sebagai alat pembelajaran yang inovatif dalam bidang sinematografi dan komunikasi visual secara umum khususnya bagi mahasiswa Broadcasting. Kata Kunci : Media Sosial, TikTok, Sinematografi, Broadcasting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorEdison2016047802dison@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 18 Jul 2024 04:39
Last Modified: 18 Jul 2024 04:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82151

Actions (login required)

View Item View Item