Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

AISYAH RIZALDA, - (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AISYAH RIZALDA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Aisyah Rizalda, (2024) : Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis di tinjau dati gaya kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu design faktorial experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Muttaqin Pekanbaru tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini dipilih denan menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, tes GEFT, dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat di ambil kesimpulan bahwa : 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar menggunakan model problem baser learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki gaya kognitif field independen dan field dependen. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran PBL dan gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Dengan demikian secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis di tinjau dari gaya kognitif siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMIFTAHIR RIZQAUNSPECIFIEDmiftahir.rizqa@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2024 04:41
Last Modified: 17 Jul 2024 04:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82144

Actions (login required)

View Item View Item