Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MURID KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MATHLABUL ULUM DESA TRI MANUNGGAL KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Heti Afriani (2012) PENERAPAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MURID KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MATHLABUL ULUM DESA TRI MANUNGGAL KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012952.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode Resitasi dalam meningkatkan hasil belajar mata pelalajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada murid kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Mathlabul Ulum Desa Tri Manunggal Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas IV tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah murid sebanyak 23 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan metode Resitasi untuk meningkatkan hasil belajar mata pelalajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, teknik tes, dan dokumentasi. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Temuan dalam penelitian bahwa penerapan metode Resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Ketuntasan hasil belajar murid pada sebelum tindakan hanya mencapai 10 orang (43,48) murid yang tuntas, sedangkan 13 orang murid (56,52%) belum tuntas. Sedangkan setelah tindakan yaitu pada siklus I ketuntasan belajar murid meningkat menjadi 15 orang (65,22%) murid yang tuntas. Sedangkan 8 orang murid (34,78%) belum tuntas. Sedangkan pada siklus II ketuntasan murid telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 86,96% atau sekitar 20 orang murid yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Oct 2016 03:49
Last Modified: 11 Oct 2016 03:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8214

Actions (login required)

View Item View Item