SISFA DILA, - (2024) PENGARUH BIAYA MU’NAH DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK GADAI EMAS PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH CABANG AHMAD YANI DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI SISFA DILA.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Sisfa Dila (2024): Pengaruh Biaya Mu’nah dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Produk Gadai Emas Pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Ahmad Yani Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. Gadai emas syariah menjadi salah satu produk pembiayaan yang ditawarkan oleh PT. Pegadaian sebagai alternatif yang diminati masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya, dimana dalam penelitian ini terjadi penurunan jumlah nasabah pada tahun 2021. Namun pada tahun 2022 ini jumlah nasabah mengalami kenaikan. Peningkatan jumlah nasabah tahun 2022 menjadi alasan peneliti melakukan riset terhadap minat nasabah dengan 2 variabel independen yaitu biaya dan kualitas pelayanan. Biaya mu’nah adalah biaya pemeliharaan dari setiap barang gadai yang diberlakukan oleh PT. pegadaian. Sedangakan kualitas pelayanan adalah seberapa jauh harapan dan kenyataan yang diterima oleh nasabah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh biaya mu’nah dan kualitas pelayanan terhadap minat nasabah dalam menggunakan produk gadai emas pada PT. Pegadaian syariah cabang Ahmad Yani. Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitan kuantitatif dengan populasi jumlah nasabah gadai emas tahun 2022 sebanyak 4.923 dan sampel 98. Teknik pengambilan sampel dengan cara non probability sampling yaitu purposive sampling dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, penyebaran kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh melalui uji hipotesis uji t nilai thitung (1,979) < t tabel (1,98552) nilai signifikan biaya mu’nah 0,051 > 0,05 tidak terdapat pengaruh biaya mu’nah terhadap minat nasabah dan kualitas pelayanan hasil uji t nilai thitung (4,859) > ttabel (1,98552) nilai signifikan kualitas pelayanan sebesar 0,001< 0,05 terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat nasabah. Uji f nilai fhitung (60, 879) > ftabel (3.09) signifikan 0,000 < 0,05 terdapat pengaruh biaya mu’nah dan kualitas pelayanan terhadap minat nasabah. Menurut tinjauan ekonomi syariah biaya mu’nah di pegadaian syariah cabang Ahmad Yani telah sesuai dengan Fatwa MUI Nomor: 25/DSN-MUI/III/2002, dimana penetapan biaya mu’nah di pegadaian tersebut ditetapkan berdasarkan nilai gadai bukan dari besaran pinjaman. Kemudian dari segi kualitas pelayanan sudah menerapkan prinsip ekonomi syariah, yaitu mampu memberikan kemudahan dengan menerapkan aplikasi PDSS (Pegadaian Digital Service) dan berprinsip persamaan dengan tidak membeda-bedakan nasabah dalam kegiatan bertransaksi. Kata Kunci: Biaya Mu’nah, Kualitas Pelayanan dan Minat Nasabah
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah | ||||||||||||
Depositing User: | fasih - | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2024 01:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2024 01:37 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82131 |
Actions (login required)
View Item |