Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM MENANGGAPI PERSOALAN MELALUI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI LUBUK KEMBANG SARI KECAMATAN UKUI KABUPATEN PELALAWAN

Farida Afiani (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM MENANGGAPI PERSOALAN MELALUI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI LUBUK KEMBANG SARI KECAMATAN UKUI KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012951.pdf

Download (662kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat kemampuan berbicara siswa dalam menanggapi persoalan yang mencapai nilai KKM (6,5) masih rendah, dan sebagian besar siswa belum mampu mempertahankan pendapatnya dengan bahasa yang baik dan benar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana peningkatan kemampuan berbicara dalam menanggapi persoalan melalui metode diskusi pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lubuk Kembang Sari Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan?”. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berbicara dalam menanggapi persoalan melalui metode diskusi pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lubuk Kembang Sari Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan. Penelitan ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 30 orang, terdiri dari 14 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah kemampuan berbicara dalam menanggapi persoalan dan metode diskusi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengisi lembar observasi di setiap kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif, yang mana peningkatan kemampuan berbicara siswa dalam menanggapi persoalan yang dinilai adalah peningkatan kemampuan klasikal dengan rumus: = × % Dari hasil observasi sebelum tindakan, kemampuan berbicara siswa dalam menanggapi persoalan mencapai rata-rata kelas 45,83%, pada siklus I terlihat bahwa kemampuan berbicara dalam menanggapi persoalan meningkat menjadi 60,83%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan lagi menjadi 79,17% siswa yang memiliki kemampuan berbicara dalam menanggapi persoalan. Keadaan ini menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan berbicara dalam menanggapi persoalan pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lubuk Kembang Sari Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Oct 2016 03:48
Last Modified: 11 Oct 2016 03:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8213

Actions (login required)

View Item View Item